Pengolah limbah spesifik isu limbah popok

Tanggal Posting: 03/09/2018

Dalam Undang-undang Republik Indonesia  No. 18 tahun 2018, disebutkan dalam pasal 2 bahwa salah satu jenis sampah yaitu sampah spesifik. Dan penanganannya pun harus khusus, bahkan bila salah penanganan maka sampah spesifik bisa masuk kedalam limbah B3.

Pada 4 April 2018, diadakan workshop tentang “pengelolaan limbah popok sekali pakai yang aman bagi lingkungan” dan dipaparkan bahwa ada beberapa sampah yang dikategorikan sebagai sampah spesifik salah satunya adalah popok bekas pakai (Pospak). Dan PT. Oxtrimed Reka Mandiri Berkesempatan memberikan paparan bagaimana mengelola sampah spesifik menggunakan Incenerator. Dan incinerator PT. Oxtrimed yang sudah Teregistrasi Ramah Lingkungan sangat cocok  untuk sampah spesifik, karena memiliki keunggulan diantaranya:

  • Incenerator yang cocok untuk sampah spesifik (Versi  Komite Teknis Verifikasi Teknologi Ramah Lingkungan)
  • Cocok juga untuk mengolah sampah spesifik di Rumah sakit, Klinik rumah bersalin, panti jompo, panti  social,kawasan perkantoran, asrama, dan lain-lain.
  • Telah teregistrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai produk ramah lingkungan.

Visit: Registrasi Ramah Lingkungan

  • Bentuk Incenerator silinder, dan menggunakan sistem pembakaran metoda Tornado. Sehingga asap yang dihasilkan transparan dan hasil pembakaran sempurna
  • Penggunaan bahan bakar irit, hanya 5,6 Lt /jam
  • Hasil abu pembakaran yang dihasilkan sangat sedikit, sekitar 3-10% (dicoba dengan sampah pospak di Panti Werdha – Jawa Timur)

 

  • Spesifications Vertikal Incenerator
  • Capacity                      : 10-12 Kg/jam
  • Waste Feeding        : Manual
  • Fuel                              : Kerosene/Diesel Fuel
  • Power                         : 330 watt/ 1 phasa
  • Tank Fuel                   : 60 Liter
  • Themperature         : 400⁰C – 1000⁰C
  • Control panel           : Digital
  • Stack                            : 6.200mm Height on ground

Merupakan kebanggaan tersendiri bagi PT. Oxtrimed Reka Mandiri diundang untuk menjadi narasumber pada acara workshop yang di adakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bidang Pusat Standarisasi  lingkungan dan kehutanan tentang ‘Penanganan Masalah Popok Sekali Pakai Berdasarkan Daur Hidup’ yang bertemakan ‘Pengolahan Limbah Popok Sekali Pakai dengan Sistem Thermal’. Dimana acara tersebut diadakan pada 4 April 2018 di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup dari beberapa daerah di Indonesia dan Direktorat terkait, salah satunya yaitu Direktorat Bidang Sampah.

Pt. Oxtrimed diwakili oleh Abdurrahman sebagai pembicara, dan bersamaan dengan Lembaga pemerhati lingkungan ECOTON serta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah.

Namun hal ini tidak membuat PT. Oxtrimed menjadi besar diri, justru malah berinstropeksi dan belajar lagi serta tertantang untuk terus meningkatkan produknya sehingga mampu menangani permasalahan limbah di tanah air dan juga di terima oleh khalayak umum.

Saat ini PT. Oxtrimed telah memiliki unit Incenerator pengolahan limbah untuk limbah domestik, limbah spesifik dan khususnya limbah B3 Medis serta non Medis.

PT. Global Nuansa Mandiri Investasi (Glosamani) merupakan distributor tunggal yang ditunjuk oleh PT. Oxtrimed Reka Mandiri untuk memasarkan produk-produk pengolah limbah yang di produksi oleh PT. Oxtrimed. Dan dengan senang hati bisa membantu instansi swasta dan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan alat pengolah limbah dimana salah satunya adalah Incenerator.

Keyword: limbah sepesifiklimbah b3limbah non b3limbah popokpopokpamperslimbah pamperspospak,limbah pospak

Share:

Artikel lainnya :

  1. Pengurusan Izin Operasional Incinerator

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *